BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 16 November 2009

Musik dan Musisi

Seorang hamba Tuhan, musisi, pencipta lagu, LaMar Boschman, melakukan riset alkitab dan menulis di bukunya, Rebirth of Music, salah satunya adalah bahwa lebih dari 800 kali Alkitab menulis sesuatu tentang musik. Ini seharusnya membuat kita berpikir, apakah sebegitu pentingnya musik sehingga amat banyak ditulis, bahkan mungkin beberapa hal yang kita anggap penting tidak ditulis atau dibahas sebanyak itu. Tapi kita juga dapat berpikir dan menyimpulkan ada maksud tertentu dan penting sehingga Tuhan membuat itu terjadi.
Dalam ayat-ayat tersebut dinyatakan bahwa ada hubungan erat antara musik dan hidup manusia. Sampai-sampai kitab Mazmur diakui sebagai kitab “lirik lagu-lagu” karena begitu poetic, dengan kata-kata renungan dan ada “sela” yang diartikan interlude, alunan musik tanpa kata, otomatis seluruh kata-kata tersebut adalah lagu dan selalu diiringi musik! Daud adalah seorang penyembah “bersenjatakan” kecapi, berarti dia selalu menyembah Tuhan diiringi musik. Nabi Elisa, dia memanggil para pemusik dan mulai bernubuat.
Ternyata banyak kejadian yang berhubungan langsung dengan Tuhan itu berhubungan dengan musik. Jadi kita bias menyimpulkan bahwa sebenarnya musik itu mempunyai tempat yang tidak sekedar apa yang kita lihat dan dengan sekarang ini. Seperti iklan memakai musik sebagai ujung tombaknya, plaza-plaza, mal-mal, restaurant-restaurant, tidak pernah sepi dari musik, bahkan sampai di pasar-pasar dan gang-gang kumuh pun tidak pernah lepas dari musik. Bahkan kita tutup telinga kemanapun, kita akan terkejar oleh bunyi musik! Artinya, tanpa disadari musik itu sudah jadi bagian hidup manusia walau mungkin tidak dicerna secara benar fungsi dan tujuannya.
Kita bisa katakan SEMUA gereja memakai musik. Dari yang tradisional sampai modern, dari hanya menggunakan satu gitar bolong sampai dengan menggunakan orkestra dan big band, dari desa terpencil sampai yang di kota besar, kayakya menjadi suatu kewajiban sebuah gereja memakai musik dalam kebaktiannya. Apakah Gereja yang meyakini musik itu diciptakan oleh Tuhan SEDANG menggunakan musik hanya sebagai pelengkap saja, sedangkan mereka yang tidak meyakininya sedang berjuang keras untuk mengembangkannya, walaupun dengan tujuan yang berbeda-beda?
Sebuah tantangan untuk direnungkan, dipikirkan, dibahas, dan tentunya dikerjakan, yaitu memberi yang terbaik buat Tuhan dengan apa yang Dia sediakan, yaitu MUSIK.

1 komentar:

abeytumacadams mengatakan...

Buy titanium jewelry and jewelry at affordable prices
Teton jewelry is designed to suppliers of metal be worn titanium chopsticks by a natural person can titanium rings be resized as well as a skilled artist in titanium chainmail her titanium bong own personal career.