BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 17 November 2009

Guns N' Roses


* Dibentuk 1985
* Genre Rock
* Style Heavy Metal, Hard Rock

Guns N' Roses boleh dikatakan mewakili aliran metal di akhir dekade 80-an sampai awal 90-an. Mereka bukan hanya terampil menulis lagu dan membawakannya, namun juga memiliki gaya panggung yang agresif dan penuh spirit rock. Tak heran, meskipun terhitung sangat jarang merilis album, GN'R selalu dinantikan kehadirannya bahkan sampai saat ini ketika kondisi internal band berantakan sehingga dapat dinyatakan secara de facto bahwa GN'R telah bubar.

Didirikan pada tahun 1985 oleh Traci Guns (gitar) dari grup LA Guns dan W. Axl Rose (vokal) dari grup Hollywood Roses, band ini dinamakan sesuai dengan gabungan kedua nama band tersebut. Sebelum masuk dapur rekaman, Traci Guns cabut dan menghidupkan kembali LA Guns, namun GN'R tetap bertahan dengan formasi Axl, Steven Adler (drum), Izzy Stradlin (gitar), Duff McKagan (bass), dan gitaris baru pengganti Guns, Slash. Tahun 1986 mereka merilis album mini pertama mereka, yang mengantarkan mereka pada penandatanganan kontrak dengan Geffen Records. Formasi ini melahirkan album perdana mereka, Appetite for Destruction (1987). Album ini sukses besar secara komersial setelah MTV aktif menayangkan klip Sweet Child O'Mine, sekaligus menanamkan image mereka sebagai band metal yang agresif dan keras. Appetite menjadi nomor satu dan GN'R menjadi salah satu grup terbesar di dunia. Album GN'R Lies (1988), yang sebenarnya hanya album mini pertama mereka ditambah empat lagu akustik baru pun laris, dengan Patience sebagai hit andalannya.

Tahun 1990, GN'R mulai menggarap album baru. Bulan Oktober, dengan alasan kecanduan narkoba, Steven Adler dikeluarkan dan digantikan Matt Sorum dari The Cult, ditambah Dizzy Reed (keyboard). Akhirnya mereka malah merilis dua album Use Your Illusion I dan II (1991), setelah tertunda setahun. Setelah pembuatan album ini selesai, Izzy cabut untuk bersolo karier dan digantikan Gilby Clarke. GN'R pun kehilangan penulis lagu terbaiknya. Album ini melejitkan hit Don't Cry, November Rain, dan Estranged, yang ditunjang video klipnya yang menawan. Serbuan musik grunge yang dipelopori Nirvana dan Pearl Jam menggulung Amerika di pertengahan 90-an dan menggeser dominasi GN'R. Nyatanya, GN'R hanya mampu merilis album punk The Spaghetti Incident? (1993) yang isinya hanya cover version dari sejumlah hit nostalgia, dengan andalannya Since I Don't Have You (aslinya dibawakan oleh The Skyliners). Pertengahan 1994, beredar rumor mengenai bubarnya GN'R akibat pertentangan antara Axl, yang ingin mengarahkan GN'R ke musik industrial, dan Slash yang ingin tetap di jalur Hard Rock dengan pengaruh Blues. Grup ini semakin tidak jelas nasibnya setelah Slash keluar untuk membentuk Slash's Snakepit yang telah merilis dua album. Tahun 1996, Slash resmi keluar. Kabarnya, gitaris Zakk Wlyde (eks Ozzy Osbourne) menggantikan posisinya, namun tak satu album pun yang dirilis sampai saat ini. Gilby Clarke dan Duff McKagan pun masing-masing telah bersolo karier. Akhir 1999, lagu terbaru GN'R dalam delapan tahun, Oh My God, muncul di soundtrack film End of Days. Akhir 1999, Geffen merilis dobel album Live Era:1987-1993.

0 komentar: